Saat seorang anak dibawa orang tuanya ke rumah sakit dan mendapat anjuran agar si anak dipasang iv Line / infuse, yang tampak pada wajah si ibu adalah cemas dan merasa kasihan terhadap si anak, apa lagi itu adalah anak pertama atau anak satu-satunya. Tampak wajah si ibu serba salah, dia harus mau gimana lagi, mau dibawa pulang anaknya tetap sakit, mau tetap di rumah sakit, pasti ada rasa iba buat si anak, malah saya pernah menemukan si ibu menangis histeris saat anaknya mau dipasang Iv line.

Dalam dunia medic, IVFD / iv line / infuse adalah hal yang sangat penting, Karena dengan adanya iv line banyak hal bisa dilakukan dan tingkat keberhasilan pengobatan di rumah sakit mencapai 97% keberhasilan dengan adanya bantuan iv line ini. Saat pemberian obat makan (oral) sudah tidak bisa di akses oleh tubuh, maka jalan satu-satunya adalah iv line, saat seseorang dalam keadaan dehidrasi, jalan terbaik adalah iv line untuk rehidrasi.

Dalam pandangan masyarakat iv-line mungkin hanya untuk memasukkan cairan, tapi lain halnya dengan dunia medic, selain untuk  rehidrasi iv-line juga digunakan untuk memasukkan obat. Kadang fungsi iv-line dibutuh kan untuk rehidrasi dan akses obat, kadang juga hanya untuk akses obat semata.

Dalam beberapa kasus penyakit, iv-line bisa menjadi pembunuh buat pasien dan bisa juga menjadi penyelamat buat pasien tsb, misalnya pada kasus-kasus penyait jantung seperti CHF, kecepatan tetes iv-line tidak dianjurkan lebih dari 8 tts/mnt karena bisa menyebabkan odema paru sehingga bisa menyebabkan kematian, sedangkan pada kasus shoc hipovolemik malah dibutuhkan kecepatan cairan infuse. Jadi penggunaan dan pengaturan kecepatan iv line tergantung penyakit yang diderita oleh pasien tersebut.

Karena sangat pentingnya infuse ini, maka setiap tenaga medic khususnya dokter dan perawat diwajibkan menguasai cara pemasangan iv-line tsb. Memasang infuse adalah tindakan yang susah-susah mudah, karena banyak factor yang membuat pemasangan iv line ini jadi susah-susah mudah, seseorang yang sering memasang infuse belum tentu dia mampu setiap melakukan pemasangan tidak pernah gagal walaupun vena pasien tersebut tampak jelas, jadi tidak ada seseorang yang bisa dikatakan ahli dalam pemasangan infuse. Namun kita hanya bisa mengatakan seseorang mahir dalam pemasangan infuse, mungkin dikarenakan orang tersebut sering melakukannya sehingga dia menjadi mahir.

Dalam melakukan pemasangan iv-line khususnya anak-anak banyak factor yang mendukung keberhasilan seseorang antara lain factor eksternal dan internal

Factor internal

  • Keterampilan sipemasang, jika sipemasang sering melakukannya, maka tidak diragukan lagi dia telah mahir dalam pemasangan infuse. Sipemasang telah mahir menentukan mana vena yang tepat untuk dipasang, serta mampu menentukan ukuran catheter IV yang tepat untuk digunakan.
  • Mood sipemasang, jika perasaan sipemasang tidak baik menyebabkan konsentrasinya juga tidak baik.

Factor eksternal

Sifat keluarga, jika keluarga dari pasien tersebut kooperatif maka membuat sipemasang tenang sehingga memudah kan dalam konsentrasi dari sipemasang. Jika sifat dari keluarga tidak kooperatif atau malah marah-marah membuat sipemasang kurang konsentrasi sehingga kegagalan bisa terjadi, Dalam memasang infuse anak-anak yang dalam keadaan menangis sangat dibutuhkan ketenangan dari sipemasang.

Dari tulisan ini saya anjurkan buat pasien maupun keluarga pasien yang dirawat dirumah sakit agar:

  • Sebaikanya jangan pernah mengatur sendiri cairan infuse jika tidak terlalu faham tentang infuse, karena bisa bersifat fatal.

Ingat,,,,infuse/iv-line bisa menjadi pembunuh dan bisa menjadi penyelamat jika infuse ditangani oleh orang yang tepat.

  • Jangan pernah marah-marah atau menggunakan kata-kata kasar saat keluarganya akan dipasang iv-line, karena bisa menyebabkan mood dari sipemasang menjadi tidak baik. Dengan tidak baiknya mood dari sipemasang bisa menggangu konsentrasinya sehingga kegagalan bisa terjadi.,,,,

Saya yakin……anda pasti tidak mau keluarga anda atau malah diri anda sendiri ditusuk jarum berulang-ulang kali….?????

By: aba118